Tips Packing Saat Musim Dingin – Japan Trip

Packing adalah hal yang sangat penting dalam traveling. Salah satu yang bakal gue bahas saat ini adalah Tips Packing untuk Musim Dingin di Jepang. Ternyata, Packing untuk musim dingin tidak terlalu ribet kalau kalian tahu tujuan kalian mau kemana. Apakah ke tempat yang banyak salju atau yang sedikit salju. Karena, tidak selamanya musim dingin bersalju lho! Gue pun kemarin saat di Jepang belum turun salju. Waktu itu suhu rata-rata di Jepang berkisar antara 3’C – 8’C and it’s quite cold really.

Supaya lo ga salah langkah,gue bakalan bagiin tips packing untuk musim dingin di Jepang selama 8Hari.

Think Before Do!

1. Jangan Panik

Kalian tidak perlu panik untuk menghadapi liburan musim dingin dengan memikirkan barang bawaan yang terlalu banyak. Biasanya, orang yang pertama kali mau liburan musim dingin merasa khawatir sama barang yang akan dibawa. Mereka akan berpikir, nanti pakaian yang digunakan akan tebal-tebal dan barang bawaan menjadi berat. Saran gue, jangan pernah berpikir seperti ini terlebih dahulu. Jauhkan dulu pikiran barang bawaan yang tebal dan berat.

Memang, kalau kita liburan musim dingin barang bawaan kita tidak akan se-ringan saat musim panas, tapi bukan berarti barang bawaan kalian jadi berat.

Supaya kalian tidak perlu berat-berat untuk packing,maka packing lah dengan smart dengan membawa barang seperlunya saja. Karena gue yakin, saat lo disana pasti lo bakal jarang ganti baju karena kita tidak berkeringat sama sekali.

2. Membawa Perlengkapan Musim Dingin Seperlunya

Jangan terlalu ‘lebay’ dalam membeli perlengkapan musim dingin, kalau bisa kalian bawa barang yang benar-benar penting, seperti coat, long john, sarung tangan, beannie dan sepatu. Kalau misalnya kurang, kalian tinggal membeli di Jepang karena, harganya akan jauh lebih murah dibanding di Indonesia, trust me! Kalaupun kurang, belinya tetap harus seperlunya ya! Dengan begitu kalian akan packing dengan ringan =)

3. Mau Berbelanja Banyak atau Lebih Ingin Menikmati Tempat-Tempat Wisata?

Kalau lo merupakan seseorang yang doyan belanja, gue jamin koper lo pasti bakal penuh sama barang belanjaan lo. Supaya koper lo tidak over baggage , gue sarankan lo mesti beli goodie bag yang khusus travelling biar bisa masuk kabin. Apabila kalian pergi berdua atau lebih, sebaiknya lo mesti pinter-pinter bagi barang lo ke temen-temen lo, supaya bagasi lo muat. Lo mesti bawa timbangan khusus koper ya!

Kalau lo hanya ingin menikmati suasana kota Jepang dengan belanjaan yang tidak terlalu banyak, lo beruntung! karena, walaupun lo tidak banyak belanja tapi, lo bakal disuguhkan dengan tempat-tempat yang genic dan bisa dijadikan kenangan lo selama-lamanya , hehe

Pakaian dan Barang yang Perlu di Siapkan

1. Membawa Long John

Hal yang paling penting dan wajib saat kalian berlibur musim dingin adalah menggunakan Long John. Long john digunakan sebagai baju paling dalam sebelum lo mengenakan pakaian lainnya. Kemarin gue beli long john di Uniqlo yang model Extra Warm Termal, ini memang terbukti banget bikin tubuh gue menjadi hangat.

2. Pakaian Dalam

Untuk pakaian dalam, bawalah secukupnya saja. Misalnya lo berangkat 9Hari, bawalah 9 Underwear dan 2 Bra saja. Kalau untuk pakaian dalam gak perlu terlalu ribet.

3. Gunakanlah Pakaian yang Berlapis-Lapis.

Gue pernah baca salah satu travel blogger yang pergi liburan musim dingin, salah satu tips nya adalah gunakan pakaian yang berlapis-lapis. Ternyata memang bener banget, berlapis-lapis lebih menghangatkan ketimbang lo cuma pake coat yang super tebel. Berikut gue urutkan pakaian yang gue gunakan saat kemarin liburan:

a. Long John

b. Kaos Tangan Panjang Biasa

c. Kaos Tangan Panjang Heat Tech

d. Sweater Woll

d. Coat

4. Alat Mandi Hanya Sikat Gigi dan Skincare Saja

Percaya ga sih kalo kalian menginap di Jepang, baik di hotel ataupun hostel alat mandi yang di sediakan sudah lengkap? Negara Jepang memang sangat favorit buat gue , salah satunya dikarenakan hal ini. Kemarin, Hotel tempat gue menginap menyediakan peralatan mandi dengan merk terkenal. Disana sudah disediakan shampoo, sabun, conditioner, sabun muka, sikat gigi, pasta gigi, cutton bud, shower cap, shaver dan sisir. Saran gue, mendingan kalian bawa sikat gigi sama skin care saja untuk menghemat space di koper.

5. Lotion

Selama musim dingin, kulit kita bakal sangat kering. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa lotion setiap saat. Gue menggunakan vaselline potroleum jelly yang bisa digunakan sebagai lipbalm juga. Jadi, cukup membawa 1 item yang fungsinya bisa untuk lotion dan lipbalm. Gue biasanya simpan di dalam pouch agar gampang dibawa kemana-mana.

6. Aksesoris

Tidak salah , kalo musim dingin semua orang bisa lebih fashionable . Aksesoris-aksesoris yang digunakan memang sangat dibutuhkan selama musim dingin seperti:

a. Beannie, untuk menutup ubun-ubun kepala. Aku gunakan juga sebagai penutup kuping.

b. Syal Woll, untuk menutup leher. Usahakan untuk membeli syal yang tebal ya.

c. Sarung Tangan Heat Tech. Jujur,gue cuma menggunakan sarung tangan yang biasa dan bukan heat tech, hasilnya masih terasa dingin. Akhirnya aku membeli warm pack di drug store untuk bisa aku pegang-pegang ditangan.

d. Kaos Kaki Woll/Heat Tech. Jangan menggunakan kaos kaki tipis, karena selain kedinginan, kaki lo bakal cepet pegel-pegel

e. Sepatu Boots, kalau untuk sepatu boots ini sangat relatif penggunaannya. Kalau misalnya belum turun salju, sepatu sneaker juga masih aman untuk di kenakan. Tetapi kalo sudah turun salju, usahakan menggunakan sepatu boots ya agar tidak licin. Waktu kemarin gue ke Jepang, gue tidak merasakan salju tapi menggunakan sepatu boots. Hasilnya kaki gue sangat hangat. Biasanya sepatu Boots di Indonesia harganya relatif lebih mahal dibandingkan di Jepang. So, kalau mau membeli sepatu boots mendingan saat di Jepang saja. Harganya 70% lebih murah dari harga di Indonesia.

7. Obat-obatan

Obat yang harus dan wajib banget kalian bawa adalah Tolak Angin dan Minyak Kayu Putih/Fresh Care. Untuk sebagian orang apabila terkena dingin akan langsung masuk angin, salah satunya gue. Tapi syukurnya, saat disana gue sama sekali tidak merasakan masuk angin! hehe, bawalah keperluan obat-batan yang penting buat lo. Misalnya, lo gampang masuk angin, usahakan bawa tolak angin, antimo atau fresh care. Lalu kalau lo alergi dingin, sebaiknya obat alergi lo dibawa juga. Jangan sampai liburan lo buyar cuma karena sakit ya!

8. Passport & Tas

Passport adalah benda yang wajib lo bawa kemana-mana, oleh karena itu, passport harus selalu ada di dalam tas. Dompet berisi uang dan kartu-kartu juga harus ada di dalam tas. Power bank, lotion,headset,pulpen,tissue dan lipstik merupakan benda yang selalu gue bawa kemana-mana, karena buat gue itu semua sangat berfungsi.

9. Kamera

Gue selalu membawa kamera Mirrorless dan Polaroid. Untuk kamera sih yang pegang suami gue. Sebenarnya, agak ribet bawa 2 kamera seperti ini, tapi gue selalu mau mengabadikan moment indah gue dengan kamera polaroid. Mungkin, next time kalau gue ke Jepang lagi yang bakal gue bawa adalah kamera pocket kecil dan polaroid saja supaya tidak terlalu ribet.

10. Travel Adaptor

Di Jepang Voltase yang digunakan itu maximal 110Volt dengan adaptor yang berbeda dari Indonesia. Oleh karena itu, kalian harus membawa travel adaptor yang bisa digunakan di Jepang. Waktu kemarin, gue beli di Ace Hardware merk Krisbow. Kalian juga bisa membawa colokan listrik yang ada di Indonesia, caranya colokan listrik yang kalian bawa, disambungkan ke travel adaptor terlebih dahulu kemudian di sambungkan ke adaptor yang ada di Jepang. Dengan begitu walaupun voltase lo 220V, tetap masih bisa digunakan.

11. Botol Minum Kosong & Botol Minum Portable

Walaupun di musim dingin lo bakal jarang ngerasa haus, tapi lo harus tetep minum ya. Di Jepang harga air mineral lumayan mahal, maka dari itu sebaiknya kalian bawa botol minum kosong saja dan bisa di refill pada air keran gratis, tapi kebayakan wastafel disana air nya bisa di minum kok. Lalu, Botol Minum Portable buat apa? Nah, ini mungkin sangat penting buat cewe-cewek apalagi kalau pas travelling lagi datang bulan. Memang kebanyakan di Jepang, toilet yang digunakan sangat hi tech, tapi ada beberapa toilet disana yang tidak menggunakan bidet. Oleh karena itu, botol minum portable yang terbuat dari plastik dan bisa di lipat ini dapat menggantikan fungsi bidet ya! hehe, cara gue sih seperti ini. Tapi kalau mau menggunakan tissue basah juga silahkan.

Nah, itu tadi barang-barang yang gue bawa selama 8hari musim dingin di Jepang. Berikut detail barang yang gue bawa

  1. Long John (Baju + Celana) 2Pcs

  2. Baju Lengan Panjang 4PCS

  3. Baju Tidur 1PCS

  4. Sweater Woll 3PCS

  5. 1 Coat Tebal

  6. 1 Celana Jeans,2 Rok, 1Stocking

  7. 1 Syal

  8. 1 Beannie

  9. 1 Pasang Sarung Tangan

  10. 2Pasang Kaos Kaki

  11. 2 Sepatu (karena gue beli lagi sepatu boots di Jepang)

  12. Alat Makeup & Alat Mandi

  13. Catokan

Nah, itu tadi tips packing yang dapat gue berikan untuk liburan musim dingin di Jepang.

Untuk kalian yang berencana liburan musim dingin ke Jepang, kalian bisa ikutin tips packing dari gue ini. Semoga tips dari gue bermanfaat ya ^_^

Cheerio!

12 views

Recent Posts

See All