My Diet Journal 1

Hallo,after long this time here i come again !

Kali ini bukan bahasan bahasa kalbu tentang cinta dan juga perasaan yang membelenggu jiwa,tapi mengenai diet yang sedang aku alami saat ini dan membuat aku labil perasaan.

Aku memutuskan untuk menikah di awal tahun depan,dengan postur tubuh yang tidak indah rasanya kurang menarik apabila aku harus mengenakan kebaya yang super power. Hal ini lah yang menyebabkan rasa “ingin diet” ada di benakku.

Untuk memulainya memang tidak mudah,banyak sekali cobaan dan juga godaan yang menganggu,terutama godaan mata yang tidak bisa lepas dari makanan. Setiap kali ingin melakukan diet,yang ada di otak aku pertama kali adalah “oke,aku mau diet biar bisa kurus. Terus abis olahraga aku mau makan pizza” seperti balas dendam ya rasanya.

Kali ini aku memulainya dengan niat,aku memotivasi diri aku dengan sebuah pernikahan. Malu dong ya,baju udah cetar tapi badan kaya badak. Hal itulah yang memotivasi aku untuk menurunkan berat badan. Mulai dari olahraga sampai dengan mengatur pola makan dan pola tidur.

Aku memulai diet dari bulan agustus 2016. Olahraga yang aku tekuni adalah muay thai. Secara muay thai sekarang banyak di gemari para wanita-wanita cantik terutama selebriti. Tapi aku memulai muay thai sebenarnya dari tahun 2014,dimana olahraga ini masih jarang diminati para wanita,dan pada saat itu juga aku latihan sama para abang-abang kece badai yang badannya segi empat semua,dampaknya fisik aku lebih kuat dari perempuan lain,karena aku dilatih macam cowo mau perang besok pagi. Kebayang dong ya rasanya lari keliling ruangan yang mungkin berukuran 20×20 meter sebanyak 3menit,skipping 5menit,cardio 1,5jam dan muay thai 30menit. Belum ditambah angkat beban selama 5set! Rasanya kaya apa? Jangan ditanya pokoknya!

Berkat muay thai ini,aku berhasil nurunin berat badan sebanyak 4kg! Haha kecil ya cuma 4kg,padahal udah 6bulan lho ikutannya,ini waktu tahun 2014 ya..eits,walaupun cuma 4kg,tapi lemak tubuh aku berkurang sebanyak 12kg,metabolisme tubuh berkurang sebanyak 10 dan alhasil badan aku ga sebesar dulu sebelum olaharaga.

Kali ini pun sama,udah 2bulan ikutan dan berhasil nurunin 4kg,tapi kemarin lihat timbangan naik lagi di 1kg,tapi turun lagi..pokoknya berat badan aku kini dari 54 sekarang jadi 50-51 an lah,tapi sebelum 54kg tuh berat badan aku hampir mencapai 57kg lho,amazing kan? Dan sekarang lemak aku pun turun sebanyak 3kg,dan metabolisme tubuh turun sebanyak 4.

Aku pernah kesal lihat berat badan yang turunnya lambat banget,walaupun sebenarnya baju dan celana aku udah pada melorot. Akhirnya,aku beli 1 produk susu penurun berat badan dari agen MLM gitu deh pokoknya,notabene banyak banget orang yang minum susu ini pada kurus dan berhasil,akhirnya aku tergiur untuk beli dan aku coba selama 1bulan itu minum si susu ini. Alhasil,sama aja walaupun memang turun,tapi ga drastis juga ternyata. Waktu aku pake produk ini,aku disarankan untuk mengatur pola makan dengan mengatur kalori yang masuk ke tubuh,si abang jualannya ngitung-ngitung pake rumus gitu berdasarkan berat badn,usia,tinggi badan dll dan alhasil aku harus makan sebanyak 900kalori dan ga boleh lebih,terus dia bilang ga usah makan nasi,makan lauknya aja yg banyak,terus pilih salah satu mau ayam,ikan atau sayur dan jangan ngemil. Oke lah aku ikutin abang itu dan alhasil dalam waktu seminggu berat badan aku turun 1,5kg.

But,itu ga bertahan lama. Ujung-ujungnya sama lagi,tetep lama turuninnya walaupun aku udah olharaga seminggu 2kali. Dari cerita aku ini,aku cuma mau kasih kesimpulan. Untuk mendapatkan tubuh ideal itu,butuh proses. Entah itu sebentar atau lama,yang penting kita tetap berusaha,karena proses ga akan didapat dari cara yang instan,semuanya butuh waktu dan usaha. Sekarang aku udah olahraga,atur pola makan,dan mengubah gaya hidup aku menjadi gaya hidup sehat,alhasil walaupun cuma 0.1 aja turunnya,itu udah berhasil lho hanya saja belum maksimal. See kan? Usaha itu pasti ada hasilnya,entah itu banyak atau sedikit,tapi yang pasti ada hasilnya.

Mau pake produk pengurus berat badan apapun,tapi ga dibarengi dengan usaha hasilnya pun sama aja nol! Obat diet yang paling mujarab itu cuma 1,olaharaga. Coba aja deh pergi ke dokter gizi,pasti mereka juga tetep nyuruh kita olahraga. Pola makan juga harus dijaga,yang biasanya makan mie instan ganti aja sama sayuran,yang biasanya nasinya 2sendok nasi,sekarang jadi 1,5 sendok , yang ga biasa makan sayur minimal makan buah,tapi sayur itu tetep harus ya karena bisa mengurangi detox dari tubuh kita. Dan yang paling penting jangan terpengaruh dengan godaan yang ada di depan mata,biarin orang makan enak tapi kita enggak,karena diet itu pasti ga enak,tapi hasilnya pasti worth it! So,ga usah takut untuk mulai sih intinya dan harus pake niat yang kuat.

Target aku sih sekarang 47kg,tapi sejauh ini aku udah turun 4kg aja bersyukur banget walaupun waktunya lama,tapi lebih bersyukur lagi kalo pake baju jadi ga kesempitan lagi dan setiap ketemu orang mereka pada bilang “ismi,kamu kurusan ya” itu hal paling terindah dalam hidup aku! Oiya,timbangan itu sebenarnya jahat lho. Banyak orang yang ditimbang dengan berat 50,tapi lemaknya udah turun 10kg,jadi jangan terlalu terpengaruh juga sama timbangan ya,pokoknya kalau badan udah berasa enteng berarti lemak tubuh banyak yang turun.

So,doakan aku ya supaya tetap terus semangat dalam melakukan diet ini,hingga aku bisa mencapai target berat badan 47kg sebelum awal tahun depan! Jadi,nanti aku bisa pake gaun yang sangat fit dibadan aku,aamiin.

Dan buat kalian semua yang lagi mencoba untuk menurunkan berat badan juga semoga berhasil ya,jangan patah semangat! Usaha ga akan menghasilkan hasil yang buruk ko 🙂

Ps: untuk foto yang lebih jelas,nanti dimasukin lagi ya,soalnya ga ada foto pake baju yang sama ,but kurang lebih hasilnya kaya gini 😀


0 views

Recent Posts

See All