Koper “aku bahagia” dan “sang mantan”

Sejauh kamu melangkah karena luka, kamu tidak akan pernah benar-benar melangkah sendirian, karena kamu memiliki bekas.

Bekas yang paling sulit untukmu adalah kenangan. Ia akan terus mengikuti mu hingga dirimu benar-benar merasa bebas dan lepas. Ada dua hal yang perlu kamu ketahui untuk berteman atau berhubungan baik dengan masa lalu yaitu,kamu sudah membawa koper bertulisan “aku bahagia” dan kamu masih membawa koper yang bertulisan “sang mantan”.

Dimana posisi mu berada saat ini? itu menunjukkan mu kepada satu hal yang berarti dalam hidupmu. Langkah awal yang sudah pasti kamu lakukan jika koper mu adalah “aku bahagia”, kamu tidak peduli lagi dengan apa yang terjadi dimasa lalu, kamu sudah ikhlas dengan semuanya yang sudah kamu lakukan dengan orang yang membuatmu luka. Kamu juga tidak akan canggung saat ia masih menyapamu dan kamu biasa saja, tidak ada perasaan dan tidak ingin kembali bersama. Mungkin kamu bisa berteman dengannya lagi. Tapi berteman dengannya tanpa memberikan jeda sama saja kamu memelihara kucing dan memberinya makan alias kasih harapan.

Berteman dengan mantan boleh kamu lakukan asalkan posisimu tidak lagi tertuju padanya. Apalagi jika saat ini kamu sudah memiliki pasangan, sebaiknya untuk menjadi teman pikirkan lagi. Apakah pasanganmu akan senang melihatnya? Jika tidak masalah, kamu boleh berteman asalkan ingat jeda. Kamu dan mantan bukan lagi pasangan yang bisa tertawa bersama, tapi jika mantanmu adalah sahabatmu sendiri, tertawa bersama dengan sahabat yang lain masih bisa memungkinkan, hanya saja pasti berbeda.

Walau kamu sudah melangkah jauh dengan sangat bahagia, berteman dengan mantan adalah hal yang sangat ditakutkan bagi pasangan siapapun. Karena mantan bisa saja merebutmu lagi atau malah dirimu yang berbalik padanya. Ingat, saat kamu kembali pasti semuanya akan sama, itu pasti akan sama seperti di masa lalu, semuanya akan terjadi lagi. Apa yang kamu lakukan bersamanya ke depan, semuanya akan terulang kembali. I guarantee.

Lalu bagaimana dengan nasib si koper “sang mantan”? Koper bahagia saja bisa terjadi kemungkinan putus nyambung, apalagi ini. Cara yang harus dilakukan adalah maju dan terus bergerak ke depan, ingat sakit hati yang kamu rasa bukan karena sang mantan, tapi karena ekspektasi mu sendiri. Kamu terlalu fokus dengan sang mantan, sehingga menyebabkan kamu berpikir negatif tentang apa yang kamu rasa, bukankah itu satu ekpektasi dari sikapmu?

Untuk kamu yang masih memeluk koper “sang mantan” sebaiknya jangan pernah menghubunginya lagi apalagi sampai berteman. Karena kamu tidak akan pernah bisa berteman jika hati mu masih memilih dia. Caranya yang paling tepat adalah sibukan dirimu dengan hal-hal yang penting dan bermanfaat. Seperti menulis,olahraga,melukis dan lain sebagainya. Buatlah dirimu bahagia seperti hang out bersama teman, ajak keluarga jalan-jalan dan sebagainya. Kamu tidak akan pernah bisa melupakannya, karena ia adalah sesuatu yang berbekas di ingatanmu. Tapi kamu bisa lebih bahagia tanpa dia.

Jika kamu si pemilik koper “sang mantan” sudah mulai merasa bebas dan bahagia, selamat koper mu kini berganti jadi “i’m happy”. Saat bahagia mu datang, saat itu juga kamu tidak akan merasa sedih lagi dan kamu juga tidak akan pernah peduli lagi dengan apa yang sang mantan kamu lakukan, karena dia adalah seseorang yang hidup di masa lalu. Percaya, banyak sesuatu yang baru di depan sana, yang perlu kamu lakukan hanya mau melangkah terus tanpa menengok sedikitpun ke belakang. 🙂

-untuk sahabat yang sedang susah move on- #MaretMenulis

0 views

Recent Posts

See All

Dreamer

Do you ever feel like when you wanna go to somewhere but you don’t have enough money to get there? I’m the one who always be like that… So, when i was a kid when my friends were talking about dreamed,