Beberapa moda transportasi di Malaysia

Moda transportasi di Malaysia sangat nyaman dan mudah digunakan. Ada beberapa moda transportasi di Malaysia antara lain KL Monorail, LRT (Light Rapid Transit), KLIA Express/KLIA Transit, MRT (Mass Rapid Transit), Keretapi Tanah Melayu, GO KL, Rapid KL, dan Taxi / Grab. Untuk memudahkan kalian yang akan mengunjungi Malaysia, aku akan bahas satu per satu alat transportasi di Malaysia.

JENIS TRANSPORTASI DI KUALA LUMPUR

KL MONORAIL

Transportasi pertama adalah KL Monorail. KL Monorail menghubungkan dari KL Sentral menuju Titiwangsa. KL Monorail memiliki beberapa pemberhentian untuk transit . Moda transportasi ini sangat nyaman digunakan dengan fasilitas yang sudah disediakan. Untuk tiketnya tidak sulit, banyak mesin yang tersedia di stasiun untuk pembelian tiket dan dapat dibeli menggunakan uang koin ataupun uang kertas. Selain itu,bisa juga menggunakan kartu touch n go yang bisa disi ulang pada loket-loket yang berada di stasiun.

LRT ( LIGHT RAPID TRANSIT)

Untuk LRT sedikit berbeda dengan KL Monorail karena memiliki gerbong yang lebih banyak. Ada dua jalur untuk LRT, yang pertama Jalur Laluan Ampang/Sri Petailing dan kelana Jaya. Untuk LRT seluruh jalurnya berada di atas Tanah atau Melayang (Elevated). Untuk pembelian tiket masih sama dengan KL Monorail.

KLIA EXPRESS/KLIA TRANSIT

KLIA Ekspress Schedule

KLIA Ekspress Schedule

Untuk KLIA Express/KLIA Transit ini sebenarnya diperuntukan bagi kalian dari atau ke Bandara. Moda transportasi ini sama seperti Ralink bandara. Jalur kereta ini dimulai dari Bandara KLIA – KL Sentral. Harga tiketnya sendiri dapat dibeli secara online, vending machine atau langsung di konter KLIA Express/KLIA Transit di Bandara. Harga tiket kereta ini adalah MYR55 atau Rp.198.000 untuk sekali jalan. Ada dua pilihan untuk membeli tiket ini one way atau Round Trip. Apabila kalian berencana untuk menggunakan trasnportasi ini kembali ke bandara, saya sarankan menggunakan yang Round Trip, jadi kalian tidak perlu antre lagi untuk beli tiketnya. Menurutku transportasi yang satu ini paling nyaman banget, interior hampir sama seperti kereta shinkansen. Oh ya, dari Bandara ke KL Sentral dapat ditempuh dalam waktu 30 Menit.

MRT (MASS RAPID TRANSIT)

Untuk moda transportasi yang satu ini tidak berbeda dengan MRT yang ada di Negara kita. Malaysia saat ini memiliki satu jalur MRT yang menghubungkan dari Sungai Buloh – Kajang atau dikenal sebagai MRT SBK. Untuk pembelian tiket sendiri masih sama seperti KL Monorail. Apabila kalian ingin menggunakan MRT menggunakan Touch n Go, harap perhatikan saldonya. Apabila saldo dibawah MYR5 kalian tidak dapat masuk ke entry gate dan harus mengisi tiket terlebih dahulu.

KTM (KERETAPI TANAH MELAYU)

Untuk moda transportasi yang satu ini sama seperti commuter line dan bisa digunakan dalam jarak pendek. KTM tidak terintegrasi dengan KL Monorail dan LRT. Tiketnya dijual sendiri atau dapat dibeli pada loket-loket di stasiun, dapat menggunakan touch n go dan dapat dibeli pada Vending Machine. Selain melayani jarak pendek, KTM juga memiliki fasilitas transportasi antar kota. Fasilitas yang diberikan juga tetap nyaman dan terdapat pilihan tempat duduk yang saling berhadapan atau berderet seperti kereta pada umumnya.

GO-KL

Bagi kalian pelancong dari negara lain, sebaiknya mencoba untuk menggunakan transportasi yang satu ini. GO-KL merupakan moda transportasi berbasis bus yang di khususkan untuk para turis secara gratis. Tapi, walaupun bus ini di khususkan untuk turis, tidak jarang warga Malaysia sendiri sering ikut untuk menikmati bus ini. Jangan heran apabila bus sering penuh.

RAPID KL

Rapid KL masih sama seperti GO-KL. Hanya saja untuk Rapid KL tidak di khususkan untuk turis seperti Go KL. Walau begitu turis masih bisa menggunakan transportasi ini. Dengan Rapid KL kalian bisa menjelajahi ibu Kota Malaysia.

TAXI

Buat kalian yang malas berkelana naik turun menggunakan transportasi berbasis rel dan bus, pilihannya adalah menggunakan Taxi atau Grab. Untuk harganya sendiri lebih mahal dari moda transportasi berbasis rel dan bus, hanya saja kalian bisa mendapatkan kenyamanan yang lebih. Dengan menggunakan Taxi waktu tempuh dapat dicapai dengan cepat kalau jalanan lancar dan tidak macet, selain itu kalian bisa duduk dengan nyaman dan santai tanpa harus buru-buru dan kalian bisa diantar langsung ke tempat tujuan. Apabila kalian menggunakan Taxi, terkadang supir nya mau lho jadi guide buat kalian.

TIPS MENGGUNAKAN TRANSPORTASI DI MALAYSIA

Peta Transportasi, Kuala Lumpur

Peta Transportasi, Kuala Lumpur

Jujur saja, pertama kali saya ke Malaysia dan melihat moda transportasinya saya sangat bingung. Namun, pada intinya semua transportasi di Malaysia dapat kita gunakan, karena semuanya sudah dapat terkoneksi satu dengan yang lainnya.

Disini aku akan memberikan beberapa tips yang dapat memudahkan kalian untuk menggunakan Transportasi di Malaysia.

Touch 'n Go Card

Touch ‘n Go Card

  1. Kartu Touch n Go sangat mudah digunakan, sistemnya sama seperti E-Money, Flazz dsb. Harga Touch n Go sebesar MYR15. kalian bisa membeli langsung di loket stasiun atau di Mall NU Sentral di kawasan KL Sentral. Apabila kalian tidak ingin membeli kartu touch n go, kalian harus sediakan uang cash untuk membeli tiket, baik di mesin tiket atau di loket stasiun.Untuk mengisi ulang saldo touch n go, kalian harus menemukan mesin yang ada tulisan “Touch n Go” atau langsung di loket tiket.

  2. Google maps sangat tidak relevan di Malaysia, i don’t know why ! Kalian dapat menggunakan peta di atas ya.

  3. Apabila kalian ingin menuju suatu tempat tapi tidak bisa di akses oleh kereta atau bus, kalian bisa menggunakan kereta atau bus dan turun di stasiun terdekat. Kemudian lanjut menggunakan taxi/grab, dengan begitu harga akan jauh lebih murah

  4. Ada beberapa taxi di Malaysia yang tidak menggunakan Argo. Sebaiknya, kalian cek Harga di aplikasi Grab, apakah lebih mahal dari yang ditawarkan Taxi tersebut atau lebih murah. Apabila lebih murah, kalian bisa ambil taxi tersebut, namun sebaliknya kalau menemukan yang lebih mahal sebaiknya kalian pilih Grab saja.

  5. Apabila turun di stasiun dan ingin melanjutkan menggunakan Grab, kalian hanya perlu menuju titik poin yang sudah disediakan di stasiun.

  6. Grab sangat mudah ditemui di Malaysia.

Cheerio, Ismi Aulia

17 views

Recent Posts

See All