top of page

1ST DAY IN OSAKA – JAPAN TRIP

Updated: Jun 22, 2021

Negara Jepang merupakan negara yang gue ingin kunjungi semenjak duduk dibangku sekolah. Karena gue dulu termasuk orang yang doyan nonton dorama,alhasil gue jatuh cinta banget sama Jepang. Kalau gue lihat di film-film sih, Jepang itu cantik banget. Apalagi kalau musim Sakura yang semua orang pasti ingin mengunjungi Jepang. Sekalinya kalian mengunjungi Jepang, dijamin kalian pasti ingin balik lagi.

ATTRACTION

Well, kali ini gue mau membahas liburan gue di Jepang selama 8 hari di tiga kota. Kota pertama yang gue kunjungi adalah Osaka. Di bulan Januari ini, kebetulan Jepang sedang musim dingin. Untuk kota Osaka sendiri, dinginnya mencapai 3’C – 8’C. Sebenarnya sih,liburan di musim dingin tuh pengennya liat salju, tapi apadaya selama 8 hari di Jepang gue tidak menemukan salju ataupun snowflakes sama sekali. Sedikit sedih sih ga bisa liat salju, ya mungkin belum rejeki nya.

Osaka ini kotanya hampir sama dengan Tokyo,tetapi di Osaka tidak terlalu crowded seperti di Tokyo. Banyak tempat wisata yang bisa kalian kunjungi selama di Osaka. Ada beberapa tempat wisata yang harus wajib kalian kunjungi, antara lain dotonbori, Universal Studio Japan, kastil Osaka, Umeda Sky Building, Osaka Aquarium, Shinsaibashi dan Bianglala Tempozan.

Dotonbori

Kebetulan saat gue kemarin ke sana yang gue kunjungi hanyalah Dotonbori, Shinsaibashi dan Universal Studio. Sebenarnya gue udah sempat pergi ke Umeda Sky Building, dengan menggunakan tiket Amazing Pass Osaka untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Osaka jadi bisa gratis, hanya saja admisssion fee untuk gratis ditutup sampai dengan pukul 06.00 PM. Sayangnya, pas gue ke Umeda Sky Building kemarin jam 07.00PM, jadi kalau mau masuk harus bayar dan aku pun mengurungkan niat untuk masuk.

photo_2019-01-16_21-30-25
photo_2019-01-16_21-30-33

Tapi gantinya, aku pergi ke Dotonbori. Dotonbori terkenal dengan deretan billboard nya dan yang paling terkenal adalah Glico Man dan patung kepiting yang sangat fotogenic. Banyak turis yang datang ke Osaka mengunjungi tempat ini. Untuk pergi ke tempat ini, kalian harus melewati area Shinsaibashi, yaitu area perbelanjaan dimana banyak sekali toko makanan, sepatu dan pakaian. Makanan yang disajikan pun beragam, mulai dari street food sampai dengan restoran yang mewah pun ada disini.

Universal Studios Japan (USJ)

Selanjutnya tempat kedua yang aku kunjungi adalah Universal Studio Japan. Bagi kalian pencita Harry Potter dan Minion, wajib banget deh datang kesini. Di tempat ini kalian akan disajikan permainan-permainan dari beberapa film Holywood terkenal seperti Jaws, Harry Potter, Minion dan Jurasic Park. Saya sarankan, kalau ke tempat ini jangan pada saat hari Libur, karena kalian harus siap antre selama kurang lebih 3jam. Caranya supaya tidak terlalu ngantri lama, kalian harus pilih Single Ride dan kalau punya uang lebih kalian bisa membeli tiket express Pass.

Untuk tiket Express Pass ada beberapa jenis, bisa untuk 4 permainan sampai 7 permainan,nah express Pass di USJ ini berbeda dengan di USS. Kalau di USS dengan menggunakan express pass kita bisa mengunjungi semua permainan, tapi kalau di USJ kalian hanya bisa memilih 4 permaianan saja atau 7 permainan saja.kemarin sih Gue pengennya yang 4 permainan saja, karena sisanya sudah pernah di USS. Tapi sayangnya, saat gue mau beli , tiketnya sudah kehabisan.  Nanti deh gue bakal bahas di blog selanjutnya tips untuk mengunjungi USJ yaa.

TRANSPORTATION

Well, sekarang kita lanjutin untuk cara transportasi di Osaka ya..

Nah, buat temen-temen yang mau mengunjungi Osaka dan bisa masuk ke tempat wisata dengan gratis, kalian harus beli tiket Amazing Pass Osaka . Amazing Pass Osaka ini bisa di dapat di agent travel resmi HIS,online shop Klook.id atau di pusat informasi stasiun kereta api di Osaka atau Bandara.

Amazing Pass Osaka ini dapat digunakan untuk tiket kereta api dan juga tempat-tempat wisata yang terkenal di Osaka. Tiket Amazing Pass Osaka ada 2 macam,yaitu 1 day Pass dan 2 Day Pass. Kalau kemarin sih aku beli yang 2 Day Pass, karena aku berada di Osaka selama 2Hari 3 Malam. Selain digunakan untuk tiket kereta dan tempat wisata, Amazing Pass Osaka dapat digunakan untuk kupon diskon makanan. Untuk kupon diskon hanya berlaku pada restoran tertentu saja ya, kalau kalian beli tiket ini nanti kalian bakal dapat guide book yang berisi tiket apa saya yang bisa kalian gunakan dan tempat wisata mana saja yang bisa kalian kunjungi dengan gratis.

Kekurangan tiket amazing pass osaka ini apabila kalian akan menggunakan sebagai tiket kereta, kalian hanya bisa menggunakan pada jalur Osaka Metro dan tidak bisa digunakan pada jalur yang lain. Kalau misalnya kalian tidak menemukan Jalur Osaka Metro, kalian harus membeli tiket terusan lagi. Dan apabila kalian ingin menggunakan Amazing Pass Osaka dari bandara Kansai International Airport, sebaiknya kalian harus mengurungi niat kalian, karena di bandara Kansai tidak terdapat jalur Osaka Metro. Jadi kalian harus membeli tiket terusan atau menggunakan tiket Pasmo/ICOCA/IC Card.

Sebenarnya gue menggunakan tiket Amazing Pass Osaka ini untuk bisa menikmati tempat-tempat wisata yang ada di Osaka. Tapi apadaya, gue hanya bisa menggunakannya pada tiket kereta dan tidak mengunjungi satu pun tempat wsiata, dikarenakan sedikit masalah yang terjadi disana. Well, kalau dibilang rugi sih iya, i feel a little bit sad. Tapi untungnya gue bisa mengirit kartu ICOCA gue.

Nah, dikarenakan gue bakal pergi ke tiga kota, gak mungkin dong gue hanya mengandalkan tiket Amazing Pass Osaka gue, so akhirnya gue memutuskan untuk membuat kartu ICOCA. Nah fungsi dari tiket icoca ini sama seperti tiket kereta lainnya. Hanya saja dengan menggunakan tiket ICOCA, kita bisa menggunakan pada jalur kereta manapun. Berbeda dengan JR Pass yang hanya bisa digunakan pada jalur kereta api JR saja, tapi dengan ICOCA kita bisa menggunakan di semua Jalur. Dan kartu ini bisa kita gunakan di kota-kota yang berbeda,selain itu dapat digunakan untuk pembayaran tiket bus dan juga membeli makanan/minuman di vanding amhcine, sayangnya kartu ini tidak bisa digunakan untuk tiket kereta Shinkansen ya.